Minggu, 16 Februari 2014

Ini Bahaya Abu Vulkanik Bagi Manusia

Ini Bahaya Abu Vulkanik Bagi Manusia Masyarakat yang wilayahnya terdampak abu vulkanik untuk mewaspadai dan memastikan makanan tidak tercemar sebelum dikonsumsi. Jika nekat, maka penyakit yang akan datang.

 Debu mengandung Silicon bahaya untuk yang punya alergi atau semacamnya Info Penting Abu vulkanik komposisinya si 02/silika, mirip bhn industri kaca & merupakan glass hard yg sangatt halus, tetapi di lihat dg mikroskop tepi & ujungnya runcing, jika terhirup akan merobek jaringan paru2 jika kena mata bisa merusak mata maka hati2 lindungi mata & hidung.

"Gangguan saluran cerna akan dapat terjadi kalau polutan udara akibat letusan mencemari air, tanaman dan bahan pangan lainnya," kata Dirjen Pengendalian Penyakit  dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan, Tjandra Yoga di Jakarta, Sabtu (15/2/2014).

Tidak hanya gangguan cerna, Tjandra menyatakan masih ada lima penyakit yang perlu diwaspadai. Penyakit itu adalah  ISPA, pneumonia, bronkitis, dan infeksi saluran napas bawah lainnya.

"Debu vulkanik bisa menyebabkan terjadinya Iritasi mata dalam bentuk radang, alergi dan sebagainya. Juga bisa memicu iritasi kulit, infeksi dan alergi," katanya.

Lalu bagaimana pencegahannya?  Tjandra menyatakan, perlu mengndari keluar rumah bila tidak perlu sekali, hindari berkendara, terutama dgn sepeda motor.

"Bila terpaksa keluar rumah gunakan pelindung seperti helm dan memakai masker. Menutup sarana air seperti sumur gali terbuka dan penampungan air terbuka jangan terkena debu," katanya.

Mencuci dengan bersih semua makanan, buah, sayur, segera berobat ke sarana pelayanan Kesehatan bila dirasakan ada yg sakit seperti batuk, sesak nafasnya, iritasi mata dan kulit dan lakukan pola hidup bersih dan sehat.

0 komentar:

Posting Komentar